Minggu, 18 Februari 2018

Penyejuk Jiwa, Pujaan Bangsa, Indonesia !





Tidak asing lagi di telinga kita “suara” yang mengatakan bahwa Indonesia adalah Surga Dunia. Pernyataan tersebut tentu bukanlah hanya sekedar pujian tanpa landasan, malah memang wajar jika dikatakan demikian. Keindahan alam Indonesia diakui oleh dunia Internasional, menjadi bahan perbincangan bahkan buah bibir terlebih bagi mereka yang suka keliling dunia menikmati indahnya berbagai belahan dunia ciptaan tuhan semesta. Sebagai contoh, Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, lokasinya sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Padang ini dinobatkan sebagai Desa terindah di dunia oleh Travel Budget yang merupakan salah satu media dari Amerika Serikat[1]. Disini jelas bahwa keindahan alam Indonesia diakui oleh dunia. Kita tidak hanya sekedar mengakui, tapi memang diakui. Itu hanya sebagian contoh kecil saja dari indahnya negeri tercinta ini. 

            Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, tiap-tiap wilayah memiliki suguhan keindahan tersendiri untuk memanjakan mata yang melihatnya dan memiliki daya tarik tersendiri sehingga menjadi tempat yang layak untuk dirindukan. Terbentang dari Barat Sabang dan Timur Merauke, di utara Kepulauan Talaud, di selatan Pulau Rote. Indonesia memiliki pantai-pantai yang luar biasa indah, garis pantai Indonesia merupakan yang terpanjang di dunia. Tidak sedikit pantai-pantai di Indonesia namanya sudah akrab ditelinga orang-orang di luar negeri sana, pesonanya mampu menimbulkan kecanduan untuk kembali datang ke Indonesia. Pantai di Indonesia sangatlah banyak, seiring berjalannya waktu, Indonesia terus berkembang, populasi penduduk meningkat, pemerataan penduduk terus diupayakan, akses transportasi ke daerah-daerah pelosok negeri terus digalakkan oleh Pemerintah, maka lambat laun keindahan-keindahan Indonesia yang selama ini belum diketahui menjadi tau lalu menjadi objek wisata baru, surga-surga di Indonesia terus bermunculan, pantai-pantai baru mulai disuguhkan untuk para pemburu keindahan, keindahan yang mampu menyejukkan jiwa-jiwa yang gersang. Seperti beberapa tahun terakhir dimana Pulau Raja Ampat menjadi tujuan wisata populer di Indonesia dan mancanegara, nama Raja Ampat dengan cepat melejit dengan pesona baru yang ditawarkannya yang dulu hanya diketahui oleh segelintir orang saja.

            Tidak hanya pantai dan pulau tentunya, Indonesia memang Negara Maritim, yang memiliki banyak pantai dan ribuan pulau-pulau, tapi Indonesia juga merupakan daerah pegunungan yang hijau, gunung-gunung di Indonesia menawarkan sensasi khas yang berbeda. Memandang Indonesia dari ketinggian  mampu menggetarkan hati. Memang tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Indonesia adalah Surganya Dunia. Hati yang beriman pasti memuji dan mengagungkan Tuhannya ketika melihat indahnya hamparan di bumi Khatulistiwa ini. 

            Pantai dan Gunung adalah dua diantara banyak keindahan alam di Indonesia, selain itu ada juga air terjun, danau, ngarai, ngalau, taman bawah laut, dan banyak lainnya. Kita yakin, hari demi hari kedepannya dengan semakin majunya teknologi dan semakin berkembangnya dunia, surga-surga baru di Indonesia pasti bermunculan dan menjadi daya tarik baru untuk menjadi destinasi wisata yang berkelas. Surga-surga yang tersembunyi diberbagai wilayah Indonesia ini, yang masih belum bisa diakses pasti segera hadir ke permukaan, menawarkan keindahan barunya, menampilkan wajahnya, hingga menjadi surga yang dinanti-nantikan. 

            Wilayah Indonesia yang terbentang luas, terdiri dari ribuan pulau, hingga berbagai bahasa pun ada di Indonesia, suku-suku yang berbeda, agama dan budaya yang beranekaragam pula. Dibalik indahnya bumi Indonesia juga ada Indonesian atau orang-orang Indonesia yang cerdas dan kreatif sejak dulunya. Dari hasil olah pikirnya melahirkan budaya-budaya yang diakui dunia. Mulai dari Tarian, Seni Musik, Adat Istiadat, Batik, dan lain-lain. Dan bahkan beberapa sudah diakui UNESCO. Budaya Indonesia juga menjadi daya tarik bagi para turis untuk datang ke Indonesia, mereka tidak hanya serta merta keliling menikmati keindahan alam Indonesia saja, tapi juga mencermati, menikmati, dan mengagumi budaya Indonesia yang sangat unik dan beragam.  

            Alam dan Budaya Indonesia adalah dua hal yang harus terus kita jaga, lestarikan, dan kembangkan. Apapun pandangan buruk terhadap Indonesia, baik itu adalah kemiskinan, pengangguran, dan apapun itu, tapi Alam dan Budayanya adalah kebanggaan bagi kita, menjadi modal serta motivasi bagi kita untuk bangkit, untuk terus berkarya dan berbenah diri. Optimis menjadi penyejuk jiwa sekaligus pujaan bangsa.


[1] Ayesha Ayu Agustien, Nagari Pariangan-Wow, desa terindah di dunia ternyata ada di Indonesia, travel.tribunnews.com, 21 Agustus 2016  

Rizki Ulfahadi
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 

Tulisan ini juga telah saya posting di www.kompasiana.com dengan judul yang sama.

1 komentar: